Jumat, 04 November 2022

Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2 Calon Guru Penggerak Angkatan 5

 

Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2


Setelah saya menonton video yang ada di Demontrasi Kontekstual Modul 3.2 di LMS Pendidikan Calon Guru Penggerak, dapat membuat narasi sebagai berikut:

Pada video tersebut diawali dengan anak-anak yang bermain dengan permainan-permainan tradisioanl. Dari raut wajah mereka terpancar rasa riang dan gembira, ada yang asyik berlari sambil tertawa dan ada pula yang locat dan ada yang duduk-duduk sesuai dengan permainan yang mereka kerjakan.

Oleh karena itu saya memberikan asumsi bahwa visi dari sekolah terebut adalah “Menjadi sekolah Nyaman dan Menyenangkan Berlandaskan Kearifan Lokal Demi Terwujudnya Profil Pelajar pancasila”

Selanjutnya video itu beralih kepada ruang kelas, pada waktu itu gurunya sedang menggali pendapat dari siswa mengenai topik “Penyemangat Belajar”, kalimat ini di tulis di papan tulis oleh Bu Guru.

Siswa secara bergantian menjawab tentang persepsi mereka mengenai hal yang bisa membuat mereka semangat dan senang belajar utamanya belajar di dalam kelas itu. Ada yang menjawab mereka senang belajar di kelas ketika duduk di rak buku, dan banyak lagi jawaban yang lain.

Dari dialog yang di sampaikan oleh Bu Guru itu Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh dia adalah mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

Inti pertanyaan dari semua kegiatan yang dilakukan oleh ibu Guru itu adalah Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar? Hal, ini terbukti dari kegiatan yang dilakukan oelh Gur tersebut bersama siswanya.

Kegiatan-kegiatan dalam videoa tersebut yang menggambarkan tahapan BAGJA adalah :

B (Buat Rencana) : merencanakan konsep yang bisa membuat siswa semangat dalam belajar di kelas

A (Ambil Pelajaran) : Melihat Kelas lain yang disukai yang bisa membuat semangat belajar

G (Gali Mimpi) : Siswa membayangkan kelas yang nayaman dan menyenangkan lalu di tuangkan dalam bentuk gamabar dan di presentasikan di kelas.

J (Jabarkan) : Menjabarkan kelas impian murid

A (Atur & Eksekusi) menentukan rencana aksi membuat kelas impian di mulai pada hari sabtu dan minggu.

 Dalam videoa itu juga nampak tentang peran peminpin sebagai Manajer, yang bisa menggerakkan komunitas kelas untuk memperindah kelas berdasarkan aset yang dimiliki

Sedangkan Modal Utama dalam kegiatan tersebut adalah; Pertama, Manusia dalam hal ini Guru dan siswa. Kedua, Modal Fisik berupa ruangan kelas. Ketiga, Modal Lingkungan Beruapa daun dan biji-bijian yang digunakan untuk menghias gambar. Keempat, modal Finansial, yaitu dana Bos yang dipergunakan untuk membeli Lem, Kertas dan lainnya. Yang kesemuanya itu dimanfaatkan dengan baik oleh Buguru dan siswa.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong isi dulu yang lengkap ya, karena anda sangat berarti bagi kami