Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Setelah saya menonton video yang ada di
Demontrasi Kontekstual Modul 3.2 di LMS Pendidikan Calon Guru Penggerak, dapat membuat narasi sebagai berikut:
Pada video
tersebut diawali dengan anak-anak yang bermain dengan permainan-permainan
tradisioanl. Dari raut wajah mereka terpancar rasa riang dan gembira, ada yang
asyik berlari sambil tertawa dan ada pula yang locat dan ada yang duduk-duduk
sesuai dengan permainan yang mereka kerjakan.
Oleh karena itu saya memberikan asumsi bahwa visi
dari sekolah terebut adalah “Menjadi
sekolah Nyaman dan Menyenangkan Berlandaskan Kearifan Lokal Demi Terwujudnya
Profil Pelajar pancasila”
Selanjutnya video itu beralih kepada ruang kelas,
pada waktu itu gurunya sedang menggali pendapat dari siswa mengenai topik “Penyemangat
Belajar”, kalimat ini di tulis di papan tulis oleh Bu Guru.
Siswa secara bergantian menjawab tentang persepsi
mereka mengenai hal yang bisa membuat mereka semangat dan senang belajar
utamanya belajar di dalam kelas itu. Ada yang menjawab mereka senang belajar di
kelas ketika duduk di rak buku, dan banyak lagi jawaban yang lain.
Dari dialog yang di sampaikan oleh Bu Guru itu Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh
dia adalah mewujudkan kelas yang nyaman
dan menyenangkan untuk belajar.
Inti pertanyaan dari semua kegiatan yang
dilakukan oleh ibu Guru itu adalah Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman
dan menyenangkan untuk belajar? Hal, ini terbukti dari kegiatan yang dilakukan
oelh Gur tersebut bersama siswanya.
Kegiatan-kegiatan dalam videoa tersebut yang
menggambarkan tahapan BAGJA adalah :
B (Buat Rencana) : merencanakan konsep yang bisa membuat siswa semangat
dalam belajar di kelas
A (Ambil Pelajaran) : Melihat Kelas lain yang disukai yang bisa
membuat semangat belajar
G (Gali Mimpi) : Siswa membayangkan kelas yang nayaman dan
menyenangkan lalu di tuangkan dalam bentuk gamabar dan di presentasikan di
kelas.
J (Jabarkan) : Menjabarkan kelas impian murid
A (Atur & Eksekusi) menentukan rencana aksi membuat kelas
impian di mulai pada hari sabtu dan minggu.
Dalam videoa itu juga nampak tentang peran peminpin sebagai Manajer, yang bisa menggerakkan komunitas kelas untuk memperindah kelas berdasarkan aset yang dimiliki
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong isi dulu yang lengkap ya, karena anda sangat berarti bagi kami