Selasa, 03 Januari 2012

SAMBUT TAHUN BARU DENGAN SEMANGAT BARU


SAMBUT TAHUN BARU DENGAN SEMANGAT BARU

Oleh: Moh. Dasuki SN*

Tahun 2011 telah berlalu dari kehidupan kita semua. Saat ini kita telah menapaki jalan kehidupan di tahun baru 2012. Setelah sekian lama kita mengarungi kehidupan di Tahun 2011, tentunya telah menyisahkan berbagai kenangan bagi kita, baik kenangan manis/baik sampai kepada kenagna pahit/buruk sekalipun. Dengan kenangan manis dan pahit/buruk tersebut kita bisa lebih hati-hati dalam menapaki jalan hidup ditahu baru 2012 ini, agar hidup kita lebih baik dan lebih banyak merasakan kenangan-kenangan manis dari pada kenangan-kenangan pahit yang menyedihkan.
Kenangan pahit atau buruk ditahun sebelumnya, seharusnya telah cukup untuk menjadi pelajaran berharga bagi kita, agar dalam menapaki hidup ditahun berikutnya kita selalu hati-hati dan mawas diri supaya tidak berbuat kesalahan lagi, serta dapat dijadikan sebagai pemecut semangat untuk berubah terhadap hal yang lebih baik. Tahun baru, seharusnya juga harus dibarengai dengan semangt baru. Kita tidak boleh apatis dan skeptis dalam menghadapi kehidupan ini, kita harus optimis dalam menjalaninya. Sebab, Ketika segala sesuatu telah didasari denga rasa semangat, maka insya Allah hasilnya akan baik pula pada diri kita, dan kalaupun misalnya gagal niscaya kita tidak akan merasa menyesal karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin, hanya saja Allah SWT mungkin belum berkehendak untuk mengabulkannya.
Semangat yang muncul pada momentum tahun baru adalah semangat dalam mengerjakan segala amal baik yang bermanfaat kepada kita sendiri dan masyarakat, sebagaimana yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW : ”Sebaik-baik manusia adalah orang yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain”. Serta semangat dalam rangka melakukan perubahan dari waktu-kewaktu terhadap hal yang labih baik, junjungan Nabi Muhammad juga bersabda ”Barang siapa yang pada hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dia adalah termasuk orang yang beruntung.....”. Intinya, semangat yang dilakukan adalah dalam ragka untuk membuat diri kita menjadi insan yang disenangi olelh Allah dan Makhluk-Nya.
Kenangan manis yang dialami masa lalu, seyogyanya tidak membuat  diri kita merasa terlena-lena dan terbuai olehnya, sehingga bisa membuat diri kita menjadi malas dan menyombongkan diri. Sebab siapa tahu kenangan manis tersebut akan berakhir, dan tidak dipat dirasakan lagi ditahun berikutnya. Misalnya, dahulu bisa saja kita  menjadi orang yang sukses, tapi siapa jamin kesuksesan tersebut dapat berlanjut pada tahun berikutnya. Jika kita hanya bernostalgia dengan masa-masa manis diwaktu silam maka jangan pernah terpikir hal tesebut bisa terulang kembali ditahun berikutnya dengan tampa usaha dan kerja keras kita untuk meraih dan mempertahankannya.
Sebagaimana kata pepatah, yang lalu biarlah berlalu. saat ini kita telah menapaki kehidpupan ditahun baru, jagan sekali-kali menoleh kebelakang kalau hanya untuk membangga-banggakan prestasi yang telah dicapai pada masa lalu, dengan tanpa ada usaha yang dilakukan di tahun ini. Menoleh kebelakng atau masa lalu bukan untuk membanggakan hasil masa lalu, tetapi jadikan sebagai ajang untuk evaluasi diri dan menjadikan pegangan hidup agar kita tidak sampai terjerumus terhadap jurang yang sama dua kali. Akhirnya penulis ucapkan Happy New  Years 2012!!!!!


*Penulis adalah Mahasiswa STIT Aqidah Usymuni (STITA) Terate Pandian Sumenep.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong isi dulu yang lengkap ya, karena anda sangat berarti bagi kami